Game Maze 3D interaktif Sederhana Dengan Menggunakan Blender

Assalamualaikum para readers, di pertemuan kita kali ini saya akan membahas tentang pembuatan 3D interactive dari blender. Tentunya disini saya menghimbau para readers yang ingin membuat 3d interactive ini untuk mempunyai software blender yang bisa di download disini dan juga para reader harus memiliki skill atau pengetahuan dasar tentang software blender dan short-cutnya.
Okay , kali ini saya membuat game maze sederhana. Pertama kita buat maze nya dengan add>mesh>Plane dan perbesar dengan cara menekan S pada keyboard sesuai keinginan anda. Setelah itu ubah cara pandang anda dengan menekan numlock 7.



                Lalu masuk ke edit mode dengan menekan TAB, setelah itu potong menjadi beberapa bagian dengan menekan CTRL+R.



Setelah itu pilih beberapa face untuk membuat tembok maze dengan menekan shift + klik kanan mouse. Lalu tarik ke bawah dengan menekan E . Jadi seperti ini



Lalu kita beri warna dengan cara material bisa dilihat disini caranya. Nah saya beri warna seperti ini jadinya :



Nah sekarang kita gabungkan antara kamera dengan cube yaitu dengan cara Parent yang berada di pallete object di sebelak kanan nah sebelum itu di pilih dulu camera nya yang nanti kita satuin sama cube :




Nah nanti kita bisa liat camera nya udah gabung sama cube nya di bagian area mode :



Nah abis itu kita buat logika dari kamera dan cube nya. Pada cube nya kita gunakan ray dan collison untuk membuat batasan lantai dan agar kamera tidak terbang saat memulai permainannya nanti. Pada camera kita gunakan sensor mouse ubah menjadi event movement dan keyboard klik ‘’’ untuk true dan klik all keys. Lalu controllernya kita gunakan python, dan masukkan file python nya. Untuk file python saya sendiri pun mendownload sendiri, banyak kok di dunia maya ini ~
tambahkan juga  property adjust untuk membuat kamera setinggi 3 dan dmove untuk movemen keyboard dengan kondisi true(centang).

Semua selesai, kita ubah pallete physic untuk cube, camera , dan maze nya.
Untuk cube:  


untuk camera :          



Dan untuk maze nya :  


Dan voilaa~~ selesai sudah game maze sederhana kita. Untuk Output nya bisa dilihat seperti ini:



INI VERSI MAINNYA :



 

Penulis : Andri Saputro ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Game Maze 3D interaktif Sederhana Dengan Menggunakan Blender ini dipublish oleh Andri Saputro pada hari Sunday, January 19, 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 3 komentar: di postingan Game Maze 3D interaktif Sederhana Dengan Menggunakan Blender
 

3 comments:

Myblog said... | September 27, 2014 at 11:53 AM

manstep gan, bru tau ada tutorial game blender yang gampang, klo bisa request tutorial, bikin tutorial blander game yg pake coding phyton dong gan hehe...:)
btw thanx bgt nih tutorialnya...

TonoMaryono said... | August 16, 2015 at 4:15 AM

Mantab gan..... agan bisa bikin Game...

INFO!!! Agan agan Butuh barang antik murah meriah sangat di sukai kaum anak muda, silahkan hubungi blog ini
http://ajigolok.blogspot.com

Tamamun Ni'am said... | June 18, 2016 at 12:47 PM
This comment has been removed by the author.